PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA MATERI MEMBACA PEMAHAMAN KELAS 4 DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-BAROKAH AN-NUR AJUNG, JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe CIRC dalam materi membaca pemahaman kelas 4 di Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah An-Nur Ajung, Jember. Penelitian ini dilakukan karena dilatar belakangi oleh di mana siswa merasa kesulitan dalam memahami dan mencari informasi sebuah teks bacaan serta di sisi lain siswa juga memilliki permasalahan yaitu mudah bosan dalam mengikuti pelajaran di kelas. Kemudian guru kelas memutuskan menerapkan model pembelajaran CIRC, oleh karena itu peneliti tertarik melakukan penelitian mengenai penerapan model pembelajaran CIRC. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 4. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi,data display dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya penerapan model pembelajaran CIRC maka siswa dengan mudah memahami serta memperoleh informasi isi teks bacaan. Di mana pada pelaksanan model pembelajaran CIRC siswa dituntut untuk bekerja kelompok sehingga siswa memperoleh pengalaman baru dalam pembelajaran, selain itu siswa akan lebih percaya diri untuk mengungkapkan pendapatnya dalam belajar berkelompok.
Downloads

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.