MENINGKATKAN PEMAHAMAN STATISTIK PENDIDIKAN MAHASISWA PAI DENGAN PENERAPAN TEORI APOS

  • Nanik Ulfa UNIRA Malang
  • Siti Muawanatul Hasanah Universitas Islam Raden Rahmat Malang, Indonesia

Abstract

Abstrak


Pendidikan merupakan suatu usaha untuk membimbing seorang menjadi lebih baik dari aspek, pengetahuan, sikap maupun kepribadian. Pada jenjang perguruan tinggi proses pembimbingan yang dilakukan tentunya akan lebih banyak pada kegiatan yang bersifat mandiri, aktif dan produktif. Berdasarkan hal tersebut, maka perlu adanya rancangan pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi yang dikaji. Pada aliran kontruktivisme pemahaman pengetahuan bukan saja yang diterima peserta didik dari pendidik, namun merupakan hasil dari kontruksi aktif dan kontruksi kognitif. Dalam penelitian ini peneliti mencoba merancang pembelajaran Statistik Pendidikan pada Program Studi PAI dengan penerapan teori APOS (Analisis, Proses, Objek, Skema). Hasil dari tes akhir dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan sebesar 85% mahasiswa telah mencapai ketuntasan.
Kata kunci: Pemahaman, Statistik, APOS.


Abstract


Education is an attempt to guide a person to be better in terms of aspects, knowledge, attitudes and personality. At the tertiary level, the guidance process carried out will certainly be more in activities that are independent, active and productive. Based on this, it is necessary to have a learning plan that can improve students' understanding of the material being studied. In the flow of constructivism understanding of knowledge is not only what students receive from educators, but is the result of active construction and cognitive construction. In this study, researchers tried to design learning Education Statistics in the PAI Study Program by applying APOS theory (Analysis, Processes, Objects, Schemes). The results of the final test in this study indicate that an increase of 85% of students has reached completion.


 


Keywords: Understanding, Statistics, APOS.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-15
How to Cite
ULFA, Nanik; HASANAH, Siti Muawanatul. MENINGKATKAN PEMAHAMAN STATISTIK PENDIDIKAN MAHASISWA PAI DENGAN PENERAPAN TEORI APOS. Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 061-075, feb. 2020. ISSN 2622-1942. Available at: <http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/297>. Date accessed: 12 july 2020. doi: https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v4i1.297.