PENGARUH LINGKUNGAN PESANTREN TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS XII MADRASAH ALIYAH MIFATAHUL HUDA

  • Isna Nurul Inayati Universitas Islam Raden Rahmat Malang, Indonesia
  • Melani Albar Universitas Islam Raden Rahmat Malang, Indonesia
  • Wiwit Suwargianto Universitas Islam Raden Rahmat Malang, Indonesia
  • Linda Yuli Astuti Universitas Islam Raden Rahmat Malang, Indonesia

Abstract

Disiplin sekolah merupakan aturan-aturan yang diberlakukan untuk mengatur perilaku siswa di sekolah. Ada sebuah asumsi yang berkembang di masyarakat bahwa siswa yang tinggal di pesantren lebih cenderung melakukan pelanggaran terhadap kedisiplinan di sekolah dibandingkan dengan siswa yang tidak tinggal dipesantren. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa siswa yang tinggal dipesantren cenderung lebih sering terlambat sekolah, kerapian dalam penggunaan seragam sekolah tergolong rendah, serta sering tidak menggunakan artibut sekolah yang di wajibkan sekolah. Maka dari itu peneliti mempunyai pandangan bahwa lingkungan pesantren itu sangat berpengaruh terhadap kedisiplinan siswa kelas X Madrasah Aliyah Miftahul Huda. Untuk menguji adanya pengaruh lingkungan pesantren terhadap kedisiplinan siswa kelas X Madrasah Aliyah Miftahul Huda Kepanjen, maka penelitian ini hendak dilakukan.


Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Miftahul Huda Mojosari Kepanjen Malang pada tahun ajaran 2017/2018. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional, sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Madrasah Aliyah Miftahul Huda dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, sedangkan dokumentasi dan observasi adalah sebagai pendukung dalam penelitian ini . Data yang sudah terkumpulkan kemudian dianalisis menggunakan korelasi produk moment serta analisis regresi linear sederhana dan kemudian ditarik kesimpulan.


Hasil penelitian menunjukan bahwa Uji Regresi Linear Sederhana diketahui nilai R square sebesar 0,22 menunjukkan bahwa pengaruh lingkungan pesantren terhadap kedisiplinan hanya sebesar 22% sedangkan 78% kedisiplinan siswa dipengaruhi oleh selain lingkungan pesantren. Jadi pengaruh pesantren masih sangat kecil. Sedangkan peneliti menggunakan Uji Korelasi Produk Momentnilai signifikansi sebesar 0,433, hal ini berarti bahwa nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 kemudian dari sini dapat diketahui  terdapat korelasi tidak signifikan antara variabel lingkungan pesantren (X) dengan kedisiplinan siswa (Y).Dari sini dapat ditarik kesimpulan bahwasanya lingkungan pesantren (X) sangat kecil pengaruhnya, dan tidak ada pengaruh yang signifikan dengan kedisiplinan siswa (Y) di Madrasah Aliyah Miftahul Huda

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-15
How to Cite
INAYATI, Isna Nurul et al. PENGARUH LINGKUNGAN PESANTREN TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS XII MADRASAH ALIYAH MIFATAHUL HUDA. Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 048-060, feb. 2020. ISSN 2622-1942. Available at: <http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/304>. Date accessed: 26 nov. 2020. doi: https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v4i1.304.