PENINGKATAN KINERJA PENGELOLAAN BANK SAMPAH DALAM RANGKA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KELUARGA DI WILAYAH KELURAHAN LIMO DEPOK
Abstract
Sangatlah penting untuk meningkatkan kinerja pengelolaan bank sampah oleh karena yang perlu diperhatikan antara lain aspek produksi, aspek manajemen usaha yang memuat aspek sumber daya manusia, aspek manajemen keuangan dan aspek manajemen pemasaran. Tim pengabdi bersama mitra mengidentifikasi tiga permasalahan prioritas yang di hadapi Mitra Bank Sampah “Sawo Kencana”. Dalam menyelesaikan permasalahan yang di hadapi mitra dapat di lakukan dengan pendekatan partisipatif menggunakan teknik pelaksanaan pengabdian ‘participatory rural appraisal’ yang dilakukan dengan 3 (tiga) orang peserta tim pengabdi. Pada pengabdian ini pengabdi memberi Solusi yang ditawarkan kepada mitra yang terkait dengan 3 (tiga) prioritas permasalahan yang teridentifikasi pada Mitra Bank Sampah “Sawo Kencana” antara lain (1) Pendampingan pengadaan alat produksi dalam hubungannya dengan supply chain berupa gerobak sampah; (2) Pendampingan pengadaan papan mading sebagai sarana sosialisasi dan edukasi; dan (3) Pendampingan pengadaan seragam bagi para pengurus Bank Sampah Sawo Kencana. Dengan melakukan pendampingan terhadap mitra maka kinerja mitra semakin meningkat.
Downloads

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.