JURNAL HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS ANAK PADA PENGGUNAAN METODE KIBAR DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH ANAK USIA DINI (Penelitian di Kelompok A RA At-Taqwa Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya)

Indonesia

  • Nanda Aulia Aulia Universitas Negeri Islam Sunan Gunung Djati Bandung

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang ditemukan yaitu adanya kesenjangan antara tingginya aktivitas anak pada penggunaan metode kibar dengan rendahnya kemampuan membaca huruf hijaiyah. Hal ini dilihat dari antusias anak ketika mengikuti pembelajaran Alquran dengan menggunakan metode kibar di Kelompok A RA At-Taqwa Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Aktivitas anak pada penggunaan metode kibar; 2) Kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia dini; 3) Hubungan antara aktivitas anak pada penggunaan metode kibar dengan kemampuan membaca huruf hiajiyah anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Subjek pada penelitian ini adalah anak kelompok A RA At-Taqwa Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya sebanyak 29 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, unjuk kerja, dan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa aktivitas anak pada penggunaan metode kibar diperoleh nilai rata-rata sebesar 78 dengan kategori sangat baik. Sedangkan, kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia dini diperoleh nilai rata-rata sebesar 66 dengan kategori cukup. Hubungan antara aktivitas anak pada penggunaan metode kibar dengan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia dini diperoleh nilai sebesar 0,6 dengan kategori kuat/tinggi. Adapun kontribusi yang diberikan variabel X terhadap variabel Y sebesar 36%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-05-31
How to Cite
AULIA, Nanda Aulia. JURNAL HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS ANAK PADA PENGGUNAAN METODE KIBAR DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH ANAK USIA DINI (Penelitian di Kelompok A RA At-Taqwa Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya). AL IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 027-037, may 2023. ISSN 2745-8253. Available at: <https://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/alihsan/article/view/1732>. Date accessed: 04 dec. 2023.
Section
Articles