تعليم مهارة الكلام باستخدام إستراتيجية مناقشات للمجموعات الصغيرة (Small Group Discussion) في مرحلة الجامعي (دراسة وصفية لمادة اللغة العربية 3 في جامعة إبراهيمي ببانيووانجي)
Abstract
Keterampilan berbicara (maharah kalam) adalah kemampuan ‘kedua’ dalam proses belajar berbahasa seseorang. Pada tingkat perguruan tinggi, keterampilan berbahasa asing secara aktif merupakan salah satu kompetensi pendukung kompetensi akademik. Penelitian ini berusaha menggambarkan strategi pembelajaran berbicara bahasa asing-Arab secara aktif melalui maharahkalam. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi small groups discussion pada pembelajaran maharah kalam (Bahasa Arab 3) di IAI Ibrahimy Banyuwangi. Strategi ini efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab mahasiswa.Implementasi strategi ini akan dipaparkan dalam tujuan pembelajaran, materi, langkah-langkah, bahan ajar dan system evaluasi yang digunakan serta permasalahan-permasalahan yang munculdaripenerapanstrategiini.