PERAN SIKAP PROAKTIF SEBAGAI MEDIATOR PENGARUH DUKUNGAN ORANGTUA DAN EFIKASI DIRI DALAM KEPUTUSAN KARIER MAHASISWA DI TAHUN PERTAMA

  • Bella Arini Haq Universitas Muhammadiyah Malang
  • Muhammad Salis Yuniardi Universitas Muhammadiyah Malang
  • Iswinarti Iswinarti Universitas Muhammadiyah Malang

Abstract

Efikasi diri dalam keputusan karier adalah keyakinan diri seseorang untuk menentukan tujuan kariernya. Dukungan orangtua pada bidang karir merupakan dorongan yang diberikan guna menentukan tujuan karir pada anak Sikap proaktif merupakan tindakan inisiatif yang dimiliki oleh individu. Tujuan dilakukannya penelitian adalah mengetahui hubungan antara dukungan orangtua terhadap efikasi diri dalam keputusan karier yang dimediasi oleh sikap proaktif pada mahasiswa ditahun pertama perkuliahan. Pada penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian berjumlah 53 yang terdiri dari 15 laki-laki dan 38 perempuan. Instumen penelitian yang digunakan adalah Career Related Parental Support Scale (CRPSS) Chinese Version, Proactive Personality Scale (PPS), dan Career Decision Making Self-Efficacy Scale Short Form (CDMSE)-Ind. Analisis mediasi menggunakan Process Hayes model 4. Hasil dari penelitian menunjukkan kepribadian proaktif memediasi secara penuh hubungan antara dukungan orangtua terhadap efikasi diri terhadap kepuusan karier pada mahasiswa tahun pertama.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-04-30
How to Cite
HAQ, Bella Arini; YUNIARDI, Muhammad Salis; ISWINARTI, Iswinarti. PERAN SIKAP PROAKTIF SEBAGAI MEDIATOR PENGARUH DUKUNGAN ORANGTUA DAN EFIKASI DIRI DALAM KEPUTUSAN KARIER MAHASISWA DI TAHUN PERTAMA. Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan dan Hukum Islam, [S.l.], v. 21, n. 1, p. 001-011, apr. 2023. ISSN 2540-7783. Available at: <https://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/arrisalah/article/view/1565>. Date accessed: 12 june 2024.
Section
Articles