PENGEMBANGAN MODUL PRAMUKA PENGGALANG DI SD ISLAM KEBUNREJO GENTENG
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar yang inovatif, praktis, dan efektif pada ektrakurikuler pramuka dengan materi pramuka tingkat penggalang yang berupa modul pramuka penggalang. Penelitian ini dilakukan di tiga sekolah yang berbeda, yakni SDI Kebunrejo Genteng, MI Annidhom Genteng, dan MI Hidayatul Ulum Wringinrejo Gambiran guna menguji keefektifan produk yang dikembangkan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang memiliki 10 langkah pengembangan, yaitu: 1) Potensi masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, 5) Revisi desain, 6) Uji coba produk, 7) Revisi produk, 8) Uji coba pemakaian, 9) Revisi produk, 10) Produksi massal. Proses pengumpulan data menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunkana analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa modul pramuka penggalang dinyatakan efektif dan layak digunakan berdasarkan pada uji kelayakan menurut ahli materi dengan persentase sebesar 96%, ahli media sebesar 96%, dan ahli pembelajaran sebesar 97,33%. Selain itu, dinyatakan layak berdasarkan pada hasil uji coba skala terbatas mendapat persentase sebesar 96,67% dan uji coba skala luas sebesar 97,48%. Sehingga proses kegiatan pramuka menggunakan modul pramuka penggalang mampu meningkatkan pemahaman terhadap materi pramuka tingkat penggalang termasuk dalam kategori efektif dan layak digunakan.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Modul, Pramuka Penggalang.
ABSTRACT
The purpose of this study is to develop innovative, practical, and effective teaching materials on scout extracurriculars with fundraiser-level scout materials in the form of scouting modules. This research was conducted in three different schools, namely SDI Kebunrejo Genteng, MI Annidhom Genteng, and MI Hidayatul Ulum Wringinrejo Gambiran to test the effectiveness of the products developed. This type of research is research and development (Research and Development / R&D) using the Borg and Gall development model which has 10 development steps, namely: 1) Research and collection preliminary, 2) Research planning, 3) Early product development, 4) Expert validation, 5) Product revision, 6) Early test, 7) Product revision, 8) Field test, 9) Final product revision, 10) Desimination. The data collection process uses several methods, namely observation methods, interviews, and questionnaires. Data analysis techniques use descriptive analysis. The results of this study showed that the scouting module was declared effective and feasible to use based on due diligence according to material experts with a percentage of 96%, media experts with 96%, and learning experts with 97.33%. In addition, it was declared feasible based on the results of limited-scale trials got a percentage of 96.67% and a broad-scale trial of 97.48%. So that the process of scouting activities using the scouting module is able to increase understanding of the fundraiser-level scout material included in the category of effective and worthy of use.
Keywords: Teaching Materials, Module, Scout Fundraiser.
Downloads

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.