Pengaruh Pengaruh Strategi Bisnis dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran pada Usaha Kecil Menengah Songkok “Udeng Bali” Genteng Banyuwangi

  • Ach Hasan Hasyim BMT UGT Nusantara Glenmore Banyuwangi

Abstract

Ketatnya persaingan dalam dunia bisnis, membuat UKM harus mempunyai strategi bisnis dan keunggulan bersaing, baik dalam pengetahuan dan kemampuan enterpeneurship, terciptanya keunggulan kompetitif yang berkelanjutan (sustained competitive advantage) akan menciptakan kinerja pemasaran unggul dapat diterima oleh konsumen.  Penelitian ini mengkaji pengaruh startegi bisnis dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran UMKM songkok “udeng Bali” di kecamatan Genteng Banyuwangi. Dengan metode penelitian kuantitatif, melalu pendekatan explanatory research, dengan jenis penelitian penelitian survey, penentuan sapel dengan Non Probability Sampling adapun yang paling cocok yaitu sampling jenuh berjumlah 20 UMKM, analisis data menggunakan uji t (parsial), uji F (simultan) dan uji R2 menggunakan alat analisis SPSS. Hasil penelitian menunjukkan  Strategi bisnis (X1) berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran UKM Songkok “Udeng Bali” Genteng Banyuwangi, dimana nilai (Standardized Coefficients) bernilai positif sebesar 0,480 dengan Sig. sebesar 0,009 ≤ 0,05.  Keunggulan bersaing (X2) signifikan terhadap kinerja pemasaran UKM Songkok “Udeng Bali” Genteng Banyuwangi, dimana nilai (Standardized Coefficients) bernilai positif sebesar 0,480 dengan Sig. sebesar 0,009 ≤ 0,05. Strategi bisnis (X1) dan keunggulan bersaing (X2) berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran UKM Songkok “Udeng Bali” Genteng Banyuwangi, dengan nilai F hitung ≥ F tabel sebesar 17,879 ≥ 3,55 dengan Sig. Sebesar 0,000 ≤ 0,05.


Kata Kunci : Strategi Bisnis, Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-11-29
How to Cite
HASYIM, Ach Hasan. Pengaruh Pengaruh Strategi Bisnis dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran pada Usaha Kecil Menengah Songkok “Udeng Bali” Genteng Banyuwangi. NATUJA : Jurnal Ekonomi Syariah, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 016-029, nov. 2022. ISSN 2829-3576. Available at: <https://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/natuja/article/view/1350>. Date accessed: 23 july 2024. doi: https://doi.org/10.69552/natuja.v2i1.1350.