PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM TRANSAKSI JUAL BELI AYAM POTONG DI PASAR ANGSO DUO KOTA JAMBI
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perilaku pedagang ayam potong di Pasar Angso Duo Kota Jambi yang tidak sesuai dengan nilai-nilai etika bisnis Islam. Adanya pergeseran etika bisnis Islam pada transaksi jual beli yang dilakukan para pedagang ayam potong di Pasar Angso Duo Kota Jambi menimbulkan kerugian bagi pihak lain, kerugian ini terjadi karena para pedagang Ayam Potong mengabaikan etika bisnis Islam dengan melakukan tindakan kecurangan dalam transaksi jual belinya dengan mengurangi timbangan atau takaran dan mengambil keuntungan yang tidak wajar dll. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pemahaman para pedagang ayam potong tentang etika bisnsi Islam dan penerapan etika bisnis Islam pada transaksi jual beli ayam potong di Pasar Angso Duo Kota Jambi terhadap transaksi jual beli berdasarkan etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis data induktif dengan memaparkan data disandingkan dengan teori kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para pedagang ayam potong di Pasar Angso Duo Kota Jambi sudah sepenuhnya memahami etika bisnis Islam namun ada sebagian yang belum memahami pentingnya sifat jujur dan adil dalam melakukan transaksi jual beli karena mereka berdagang semata-mata karena hanya mencari keuntungan saja. Dalam penerapan etika bisnis Islam melalui prinsip-prinsip etika bisnis Islam para pedagang ayam potong di Pasar Angso Duo Kota Jambi memahami dengan baik prinsip kehendak bebas. Sedangkan prinsip kesatuan, prinsip keadilan, prinsip tanggung jawab belum sepenuhnya diterapkan.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.