PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

  • Nur Wiarsih

Abstract

Strategi pembelajaran berbasis proyek (PBL) merupakan strategi pembelajaran yang melibatka peserta didik dalam proses pembelejaran di kelas secara collaborative. PBL menekankan pengalaman belajar kontekstual yang dapat mendorong peserta didik memperoleh pengetahuan. Pengetahuan peserta didik tersebut dapat diperoleh melalui kegiatan bertanya, menyelesaikan masalah, mengeksplorasi minat, dan mengembangkan keterampilan yang dapat diaplikasikan pada kehidupan peserta didik di masa yang akan dating. PBL juga efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didk karena menawarkan berbagai pengalaman belajar. Strategi PBL sesuai dengnan teori perkembangan Piaget yang menghendaki anak didekatkan pada dunia yang lebih nyata (konkrit) dan teori Vigotsky yang menganggap interkasi sosial sebagai kunci pembelajaran. PBL diturunkan dari hasil riset dalam psikologi kognitif bahwa belajar adalah memahami konsep, berfikir kritis, menganalisis informasi, mengkomunikasikan ide, bekerja secara koperatif, mengembangkan pengetahuan, dan keterampilan secara sungguh-sungguh. Proyek sebagai produk dalam PBL secara harmonis bersama dengan praktik pengajaran tradisional dapat menjadi alat untuk menyediakan pengalaman belajar yang memotivasi peserta didik. PBL digunakan dalam pembelajaran dengan tujuan peserta didik termotivasi dan mengalami belajar, peserta didik mempunyai banyak kesempatan memperoleh dan menggunakan pengetahuan dan keterampilan baru dan mencapai kompetensi belajar, peserta didik mengaitkan tema pembelajaran dengan disiplin/bidang studi penting lain.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-04-19
How to Cite
WIARSIH, Nur. PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan dan Hukum Islam, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 78-87, apr. 2013. ISSN 2540-7783. Available at: <https://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/arrisalah/article/view/1111>. Date accessed: 01 may 2024.
Section
Articles